Teknologi dan Motivasi Belajar Analisis Pengaruh Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen

Main Article Content

Eleonora Patricia Selfina Pello

Abstract

This article explores the positive impact of information technology on student motivation in Christian Religious Education. The integration of digital platforms and innovative technologies has significantly enhanced the efficiency of the educational process, especially in the context of Christian Religious Education (CRE). The study reveals that the use of technology in learning, including interactive content and online learning tools, has sparked greater interest and enthusiasm among students to engage with and apply the Christian religious concepts taught. By utilizing qualitative descriptive research methods and focusing on library research, the study highlights the role of technology in enriching students' learning experiences, particularly in the current era of disruption. The findings emphasize that the effective use of technology positively influences student motivation, encouraging them to learn and explore Christian teachings with greater commitment.


 


Contributions: This article explores the positive impact of information technology on student motivation in Christian Religious Education. It demonstrates how digital platforms and innovative technologies enhance student engagement and understanding of Christian teachings. The research contributes to the discussion on integrating technology into religious education, making it more interactive and efficient.


 


Artikel ini membahas dampak positif teknologi informasi terhadap motivasi belajar siswa dalam Pendidikan Agama Kristen. Integrasi platform digital dan teknologi inovatif secara signifikan meningkatkan efisiensi proses pendidikan, khususnya dalam konteks Pendidikan Agama Kristen (PAK). Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran, termasuk konten interaktif dan alat pembelajaran daring, telah meningkatkan minat dan antusiasme siswa untuk terlibat dan menerapkan konsep-konsep agama Kristen yang diajarkan. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang berfokus pada studi pustaka, penelitian ini menyoroti peran teknologi dalam memperkaya pengalaman belajar siswa, terutama di era disrupsi saat ini. Temuan penelitian menekankan bahwa penggunaan teknologi yang efektif dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa secara positif, mendorong mereka untuk lebih berkomitmen dalam mempelajari ajaran Kristen.


 


Kontribusi: Artikel ini mengkaji dampak positif teknologi informasi terhadap motivasi belajar dalam Pendidikan Agama Kristen. Teknologi digital dan platform inovatif meningkatkan keterlibatan siswa serta pemahaman ajaran Kristen. Penelitian ini berkontribusi pada pembahasan integrasi teknologi dalam pendidikan agama, menjadikannya lebih interaktif dan efisien.

Article Details

How to Cite
Pello, E. P. S. . (2024). Teknologi dan Motivasi Belajar: Analisis Pengaruh Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. MODERATE: Journal of Religious, Education, and Social, 1(2), 87–102. https://doi.org/10.46362/moderate.v1i2.10
Section
Articles

References

Ambarita, Janri, and Ester Yuniati. PAK Dan COVID-19 Problematika Pembelajaran PAK Daerah Tertinggal. Jawa Barat: Penerbit Adab, 2021.

Benyamin, Priskila Issak, Ucok P Sinaga, and Febie Yolla Gracia. “Penggunaan ‘Platform’ Digital Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Era Disrupsi.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (2021): 60–68. https://doi.org/10.46307/rfidei.v6i1.85.

———. “Penggunaan ‘Platform’ Digital Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Era Disrupsi.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (2021): 60–68.

Eims, L. Pemuridan Seni Yang Hilang. Bandung: Lembaga Literatur Babtis, 2000.

Hulu, Yunusman. “Problematika Guru Dalam Pengembangan Teknologi Dan Media Pembelajaran”. ANTHOR: Education and Learning Journal 2, no. 6 (December 30, 2023): 840–846.

Juditha, Christiany. “Interaksi Komunikasi Hoax Di Media Sosial Serta Antisipasinya Hoax Communication Interactivity in Social Media and Anticipation.” Journal Pekommas 3, no. 1 (2018): 31. https://doi.org/10.30818/jpkm.2018.2030104.

Leobisa, Maria Junita Mustanu Jonatan, Hendrik A. E. Lao, and Timoteus Ajito. “Peran Guru Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Media Animasi Dalam Modul Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di SMK Teknik Anugerah SOE Kelas X TKJ 1 Tahun Ajaran 2022.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4 (2022): 1349–58.

Maglearning.id. “Masalah Masalah Dalam Penerapan Teknologi Pendidikan,” 2021. https://maglearning.id/2021/05/16/masalah-masalah-dalam-penerapan-teknologi-pendidikan/.

Nababan, Andrianus, and Warseto Freddy Sihombing. “Hubungan Integritas Guru PAK Dalam Melaksanakan Tugas Dan Tanggungjawab Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Christian Humaniora 5, no. 1 (2021): 116–24. https://doi.org/10.46965/jch.v5i1.619.

Sihotang, Hermanto. “Penggunaan Media Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Masa Pandemi Covid-19.” IMMANUEL: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 63–75. https://doi.org/10.46305/im.v1i2.16.

Tafano, Talizaro, and Sion Saputra. “Teknologi Dan Covid: Tantangan Dan Peluang Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi.” Djtechno Jurnal Teknologi Informasi 2, no. 1 (2021): 45–53. https://doi.org/10.46576/djtechno.v2i1.1256.

Tafonao, Talizaro, and Prasetyo Yuliyanto. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Memerangi Berita Hoaks Di Media Sosial.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 2, no. 1 (2020): 1–12. https://doi.org/10.37364/jireh.v2i1.30.

Tarisih, Tarisih, Sutrisno Sutrisno, and Tonny Wattimena. “Teknologi, Kerjasama Pemerintah, Dan Kurikulum Holistik”. Journal of Religious and Socio-Cultural 3, no. 2 (November 23, 2022): 113-129. https://doi.org/10.46362/jrsc.v3i2.118.

Tekege, Martinus. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran SMA YPPGI Nabire.” Jurnal Teknologi Dan Rekayasa 2, no. 1 (2017): 40–52. https://uswim.e-journal.id/fateksa/article/view/38.

Turmuzi, Muhammad, and Nurul Hikmah. “Hubungan Pembelajaran Daring Google Classroom Pada Masa COVID-19 Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika.” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 05, no. 02 (2021): 1512–23.

Warsita, Bambang. Teknologi Pembelajaran. Jakarta: PT. Rieka Cipta, 2008.

Zebua, Yaterorogo, Zakharia Suparyadi, and Hariyanto Hariyanto. “Mengintegrasikan Teknologi Dan Spiritualitas: Kepemimpinan Gereja Di Era 5.0”. Indonesian Journal of Religious 7, no. 2 (2024): 114–130. https://doi.org/10.46362/ijr.v8i2.37.

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.