Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Melalui Teori Behavioristik

Main Article Content

Yohana Penina Zefanya Ribka
Yusak Tanasyah
Juan Ananta Tan

Abstract

In the teaching and learning process, of course, there is a role for students as students and teachers as educators or teachers. Every student will need a comfortable and conducive learning atmosphere. Each student has a unique and different learning characteristic. Will as a teacher as an educator follow the flow or pattern of learning from each student? Of course, in learning there is also a method or strategy that will be used during the teaching and learning process so that it goes well and achieves the goal. The form of its implementation either regularly or messy will be seen during the learning process in a class. Apart from this, of course, in terms of learning, various learning media are also needed to channel or convey parts of the discussion that are difficult for students to understand. In this case, it is about a process of Christian religious education. To achieve the learning objectives, in the process of learning Christian religious education, the author uses behaviouristics theory. The writing method used in compiling this scientific work is through library studies.


 


Dalam proses belajar mengajar tentunya ada peran murid sebagai peserta didik dan guru sebagai pendidik atau pengajar. Setiap peserta didik tentunya akan membutuhkan suasana belajar yang nyaman dan kondusif. Masing-masing peserta didik memiliki keunikan dan chirikhas belajar yang berbeda-beda. Apakah sebagai seorang guru selaku pendidik akan mengikuti alur atau pola belajar dari masing-masing peserta didik? Tentunya dalam belajar terdapat juga sebuah metode ataupun strategi yang akan digunakan selama proses belajar mengajar sehingga berlangsung dengan baik dan memcapai tujuan. Wujud pelaksanaannya baik secara teratur ataupun berantakan akan terlihat saat berlangsungnya pembelajaran pada sebuah kelas. Selain dari hal tersebut tentunya dalam hal belajar juga dibutuhkan berbagai media pembelajaran guna menyalurkan atau menyampaikkan bagian pembahasan yang sulit dimengerti oleh peserta didik. Dalam hal ini secara khusus adalah mengenai suatu proses Pendidikan agama Kristen. Untuk tercapainya tujuan pembelajaran maka dalam proses pembeljaran Pendidikan agama Kristen penulis menggunakan teori behavioristik. Adapun metode penulisan yang digunakan dalam Menyusun karya ilmiah ini adalah melalui kajian Pustaka.

Article Details

How to Cite
Yohana Penina Zefanya Ribka, Tanasyah, Y., & Tan, J. A. (2023). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Melalui Teori Behavioristik. MODERATE: Journal of Religious, Education, and Social, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.46362/ptaki.v1i1.1
Section
Articles

References

Chalil, Achjar & Hudaya Latuconsina. “Pembelajaran Berbasis Titrah” Jakarta: Balai Pustaka, 2008.

Eunike, Pratiwi, and Bobby Kurnia Putrawan. “Kajian Pedagogis Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid 19 : Studi Kasus Siswa Smk Harapan Bagi Bangsa , Jakarta Utara” 6, no. 1 (2021): 32–44. https://doi.org/https://doi.org/10.46307/rfidei.v6i1.83.

Groome, Thomas H. “Christian Religious Education – Pendidikan Agama Kristen: Berbagi Cerita dan Visi Kita.” Jakarta: Gunung Mulia, 2011.

Halawa, Carinamis, Peni Nurdiana Hestiningrum, and Iswahyudi Iswahyudi. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah.” Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 2, no. 2 (June 29, 2021): 133–45. https://doi.org/10.55076/didache.v2i2.44.

Haryanto, Budi. “Psikologi Pendidikan dan Pengenalan Teori-teori Belajar” Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah, 2004.

Istikomah, Eni Fariyatul. “Psikologi Belajar dan Mengajar” Sidoarjo: Nizmia Learning Center, 2016.

Loemangkeren, Jack. “Akibat Mengajar Tanpa Rencana Pembelajaran” https://id.scribd.com/document/398890858/Akibat-Mengajar-Tanpa-Rencana-Pembelajaran diakses pada 11 Desember 2021.

Nuhamara, Daniel. Pembimbing Pendidikan Agama Kristen. Bandung: Jurnal Info Media, 2007.

Richard, Parsons dkk, Educational Psychology: Practicioner-Researcher Model of Teaching. Singapore: Wadsworth, Thomson Learning, 2001.

Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta, 2017.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2006.

Santrock, JW. Educational Psychology. New York: McGraw Hill, 2006.

Sitompul, Harun. Pengembangan Desain Pembelajaran. Medan: Fakultas Tarbiyah IAIN Sumatra Utara, 2007.

Soekamto, Toeti. Perancangan dan Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Intermedia, 1993.

Sutrisno, Sutrisno, Bobby Kurnia Putrawan, Christiani Hutabarat, and Susanti Embong Bulan. “Penerapan Nilai Karakter Bagi Kaum Proletar Usia Remaja Di Yayasan Kemah Kasih.” Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 3, no. 2 (August 27, 2021): 189–99. https://doi.org/10.24036/abdi.v3i2.123.

Syamsul, Mohmmad Anam & Wasis, D. Dwiyogo. Teori Belajar Behavioristik dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Malang: Universitas Negri Malang, 19 Maret 2021.

https://Cdngbelajar.Simpkb.Id/S3/P3k/Pedagogi/Artikel/Teori_Belajar_Behavioristik_Dan_Implikas.pdf diakses pada 11 Desember 2021.

Tanasyah, Yusak, Bobby Kurnia Putrawan, Sutrisno Sutrisno, and Iswahyudi Iswahyudi. “Dampak Strategi Pembelajaran Lewat Visualisasi Dalam Pendidikan Agama Kristen Di Era Masyarakat 5.0.” VISIO DEI: JURNAL TEOLOGI KRISTEN 3, no. 2 (December 13, 2021): 281–303. https://doi.org/10.35909/visiodei.v3i2.226.

Uno, Hamzah B. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007.

Walter, Dick & Lou, Carey. The Systematic Design of Instruction. Boston, MA: Pearson, 2005.

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.